Pada
zaman modern dan pada saat ini terjadi perkembangan pesat penggunaan teknologi
banyak hal yang kita piker sepele tetapi ternyata dibutuhkan juga. Awalnya kita
menyepelekan yang namanya website. Tapi jangan salah website sangat dibutuhkan.
Website itu sendiri identik dengan halaman di internet yang menampilkan
informasi yang memang betul-betul dibutuhkan oleh para pengunjung atau bisa
juga disebut para pembaca. Jadi, apabila diibaratkan, website itu bisa berupa sebuah
wadah yang menyajikan beragam ilmu-ilmu yang hanyalah tinggal kita ambil
(akses) dan mulai kita baca.
Beberapa
belas tahun lalu Bill Gates, pendiri Microsoft, salah satu orang terkaya di
dunia, pernah berkata “di masa depan, bisnis yang tidak masuk internet akan
perlahan-lahan menghilang dan mati”. Karena di masa depan semua orang akan
terhubung menggunakan internet. Ramalan itu mulai terbukti. Di Indonesia saja
menurut lembaga riset pasar e-Marketer, populasi netter Tanah Air mencapai 83,7
juta orang pada 2014. Dari jumlah tersebut 70% adalah anak muda. Bali sebagai
pusat pariwisata Indonesia tidak lepas dari pengaruh tersebut.
Sudah
jamak kita temui orang dewasa dan anak muda mempunyai smartphone yang terhubung
ke internet. Dari sana mereka mendapat informasi dan hiburan, mengalahkan
majalahTV dan
radio. Sudah banyak organisasi sadar akan potensi ini. Nah, saat semua bisnis
konglomerat sampai usaha mikro, kecil dan menengah saja menggunakan internet
sebagai alat bisnis mereka, Koperasi Kredit tidak boleh ketinggalan. Apalagi
dengan semakin bertambahnya demografi usia anggota primer di Gerakan Koperasi
Kredit, mencari calon anggota berusia muda adalah suatu keharusan bila Koperasi
Kredit mau terus bertahan lintas generasi. Karena agar kita bisa menjangkau
mereka (anak muda), internet dan social media adalah jalan yang paling efektif
dan efisien dibandingkan cara-cara lama.
Berikut saya tampilkan
fungsi-fungsi web lainnya akan sangat mendukung kemajuan Koperasi Kredit.
1. Sarana Penjualan
Produk
Koperasi Kredit punya
keunggulan lebih dari pada Lembaga Keuangan lainnya, tapi bagaimana kita
menyampaikannya? Lewat internet, kita bisa memasarkan Produk Simpanan dan
Pinjaman Koperasi Kredit sehingga mereka yang membutuhkan produk kita bisa tahu
dan menjadi anggota. Website itu fungsinya adalah sebagai alat untuk
memperkenalkan produk kepada dunia internet. Dengan tingginya pemakai internet,
Koperasi Kredit punya peluang untuk mendapatkan calon anggota dengan jumlah
yang cukup banyak juga.
2. Mempermudah Komunikasi
Lewat website, Koperasi
Kredit bisa berkomunikasi dengan mudah. Entah itu dengan lembaga di atas (Puskopdit,
Inkopdit, ACCU dll), dengan anggota-anggota, dengan calon anggota dan
sebagainya. Website modern itu dilengkapi dengan berbagai fitur komunikasi yang
memungkinkan kita berbicara dengan pengelola website. Adanya kotak komentar di
website, adanya form contact adalah sebagian kecil dari cara komunikasi lewat
website.
3. Memperkenalkan Profil
Koperasi Kredit
Semakin dikenal profilnya
maka akan makin terkenal Koperasi Kredit tersebut. Sebuah perusahaan atau
organisasi tentu mau jika profilnya dikenal luas. Untuk itu memilih website
sebagai media publikasi profil Koperasi Kredit adalah salah satu cara yang
inovatif. Semua orang dari seluruh tempat bisa mengaksesnya.
4. Mendatangkan Calon
Anggota
Sebuah website juga bisa
dijadikan sebagai sarana untuk mendatangkan calon anggota. Banyak perusahaan
yang bisa menggaet klien dari luar daerah atau bahkan luar negeri lewat website
yang mereka miliki. Begitu juga Koperasi Kredit bisa mendapat anggota lebih
banyak dari daerahnya, atau secara nasional tergantung badan hukumnya.
5. Menjadi Sarana
Publikasi Resmi Koperasi Kredit
Lewat website, Koperasi
Kredit bisa menjadikannya sebagai sarana publikasi resmi. Misalnya Koperasi
Kredit mengadakan undian berhadiah, Tirta Yatre, Kegiatan Amal, Acara
Kebudayaan, maka informasi seputar kegiatan tersebut bisa ditampilkan lewat
website yang dimiliki. Bahkan, hampir semua perusahaan dituntut untuk memiliki
website supaya anggota dan calon anggota lebih mengenal kegiatan yang
dilakukan.
6. Branding
Membangun branding juga
sangat penting bagi perusahaan. Nah peran membangun branding juga bisa
dilakukan lewat website. Banyak website yang didesain secara khusus dan
memiliki ciri khas tersendiri dari suatu perusahaan. Untuk itu branding lewat
website juga sangat perlu. Misal dengan warna-warna yang sesuai dengan Koperasi
Kredit dan segala laporan kegiatan, visi-misi, profil dll.
7. Kemudahan Memberi
Informasi
Dengan memiliki sebuah
website, Koperasi kredit akan mudah untuk mengupdate informasi terbaru. Seperti
jadwal kegiatan, berita terbaru, dan lain sebagainya. Dengan adanya website,
anggota maupun calon anggota tetap bisa mengetahui perkembangan terbaru dari
Koperasi Kredit meski jaraknya sangat jauh. Dari kasus banyak perusahaan,
umumnya konsumen akan lebih suka berinteraksi dengan customer service
perusahaan lewat sebuah website karena kepraktisannya.
8. Kemudahan Melakukan
Polling
Polling juga merupakan
sarana untuk mengetahui keadaan dan keinginan anggota atau calon anggota saat
ini. Lewat website, kita bisa membuat polling dengan mudah dan praktis namun
bisa dimaksimalkan. Di internet ada banyak penyedia layanan pembuatan form
isian polling yang bisa ditampilkan di website.
9. Menimbulkan Kesan
Profesional
Sebuah Koperasi Kredit
yang memiliki website, sudah pasti akan mendapatkan perhatian lebih dari
Koperasi Kredit yang belum memiliki website. Anggota maupun calon anggota pasti
akan melihat lebih dulu kepada Koperasi Kredit yang sudah memiliki website.
Itulah sebabnya perusahaan harus punya website. Bagaimana Koperasi Kredit bisa
dianggap profesional bila masih menggunakan blog gratis seperti blogspot.com
atau wordpress.com.
10. Mencari Partner Baru
Banyak perusahaan yang
terkadang membutuhkkan partner untuk saling bekerja sama. Nah dengan
mempublikasikan Koperasi Kredit lewat website yang dioptimalkan, akan semakin
banyak orang atau perusahaan yang tahu mengenai keberadaan dan eksistensi
Koperasi Kredit. Dari sana mungkin saja Koperasi Kredit bisa menemukan partner
bisnis yang cocok dan menguntungkan.
11. Membantu Promosi
Produk Anggota
Banyak anggota memiliki
usaha yang sedang berkembang dan mempunyai konsumen potensial di luar pulau dan
luar negeri. Tapi karena keterbatasan kemampuan dan wawasan mereka tidak
sanggup mempromosikannya. Koperasi Kredit bisa membantu anggota-anggota
tersebut dengan menampilkan profil bisnis dalam web sebagai binaan. Brand
Koperasi kredit juga makin menguat karena terbukti manfaatnya juga anggota
semakin terbantu dan sejahtera sesuai tujuan awal pendiriannya.
Apakah kamu butuh pinjaman? Jika ya email kami di gregloanfirm2017@gmail.com untuk info lebih lanjut dengan nama anda:
BalasHapususia:
jenis kelamin:
negara:
negara:
Tel:
alamat:
pendudukan:
jumlah pinjaman:
Jangka waktu pinjaman:
pendapatan bulanan:
Tujuan dana:
salam,
Email kontak: gregloanfirm2017@gmail.com