Kamis, 19 Januari 2017

Rencana Presiden Jokowi dan Menteri Koperasi Melakukan Pembagian Lahan bagi Koperasi


Dikutip dari berita acara bulan Januari 2017, Menteri Koperasi dan UKM, Puspayoga mengatakan pemberian lahan kepada koperasi akan meningkatkan pertumbuhan ekonomi dan tentunya akan meningkatkan lapangan kerja. Selain itu juga menurunkan kemiskinan, menurunkan kesenjangan pendapatan masyarakat sehingga terwujud pemerataan kesejahteraan. "Pertumbuhan ekonomi         yang meningkat harus diikuti oleh pemerataan kesejahteraan," tegas Menteri Puspayoga, menanggapi kebijakan Presiden Jokowi melakukan redistribusi aset ke koperasi . Beliau mengaemukakan, pemberian lahan kepada koperasi untuk dikelola oleh masyarakat yang menjadi anggotanya secara langsung akan berdampak pada pemerataan kesejahteraan.
"Pertumbuhan ekonomi yang meningkat harus diikuti oleh pemerataan kesejahteraan," katanya merespon program redistribusi aset dan penataan ulang struktur penguasaan dan pemilikan tanah yang merupakan bagian pokok dalam konsep reformasi agraria (land reform).
Jika benar-benar dilakukan pembagian lahan sejumlah beberapa hektar yang sedang digalakan oleh Menteri Koperasi dan Bapak Jokowi selaku Presiden Republik Indonesia ini akan membuat pertumbuhan ekonomi di negara Indonesia meningkat pesat. Niatnya pemberian laha untuk kegiatan koperasi ini akan diberikan secara gratis kepada rakyat yang khususnya menengah kebawah. Dengan itu, para rakyat harusnya mempunyai keinginan untuk membangun suatu usaha kecil menengah atau yang biasa kita sebut UKM untuk memperbaiki kehidupannya dan perekonomiannya. Tujuannya pembagian lahan untuk kegiatan koperasi ini secara gratis adalah untuk menurunkan tingkat kemiskinan di Indonesia dan menurunkan kesenjangan pendapatan masyarakat sehingga terwujud pemerataan kesejahteraan.
Warga atau rakyat sulit mendapatkan pekerjaan dapat memanfatkan kesempatan ini untuk memperbaiki taraf hidupnya agar lebih baik dengan syarat memiliki kemauan untuk memperbaiki perekonomiannya. Dengan di galakannya hal ini harusnya dapat menurunkan tingkat pengangguran di Indonesia Karena lahan yag akan diberikan pemerintah merupakan wadah untuk pembuka lapangan pekerjaan.
Tujuan utama pemberian lahan bagi kegiatan ekonomi yaitu untuk pemerataan kesejahteraan negara, seperti pada sila ke 5 Pancasila yaitu ‘Keadilan bagi Seluruh Rakyat Indonesia’ ini merupakan bunyi sila yang harus diwujudkan dalam bangsa ini sebagai perwujudan se­ma­ngat yang timbul karena adanya rasa sebagai sebuah bangsa yang pernah tertindas dan menderita  dalam belenggu pen­­jajahan yangmenimbulkan hasrat un­tuk bangkit keluar dari labirin keterpurukan dalam segi kehidupan, social budaya,ekonomi dan lain sebagainya. Untuk itu, rakyat membutuhkan keadilan, rakyat sangat membutuhkan kesejahteraan. Oleh karenanya, pemerintah memiliki tujuan utama pembagian lahan untuk badan koperasi dan Usaha Kecil Menengah yaitu agar para rakyat yang memiliki rasa iri atau merasa negara ini tidak adil tidak akan ada lagi seperti itu karena pemerintah sudah bersikap adil dalam mengambil keputusan. Tinggal bagaimana manusia itu sendiri dalam mengubah perekonomiannya.

Mungkin ini baru wacana yang akan dilakukan Bapak Jokowi dan Menteri Koperasi yang berkata Presiden Joko Widodo (Jokowi) berjanji akan membagikan jutaan hektare lahan kepada rakyat melalui pelaku adat dan koperasi-koperasi yang ada di Tanah Air melalui program redistribusi aset dan land reform. Akan tetapi semoga saja ini benar-benar akan dilaksanakan dalam waktu dekat agar pertumbuhan ekonomi di negara ini akan berkembang pesat, tidak ada lagi yang namanya penggangguran yang kekurangan lapangan pekerjaan dan semoga pemerataan kesejahteraan dapat berjalan sesuai rencana.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar